Kenapa harus ngASI???

Belajar dari pengalaman Edel kemarin yang gagal ASIX (hanya sampai 5 bulan itupun udah campur sufor), maka untuk anak kedua ini saya udah bertekad kuat untuk bisa ngasih ASIX buat si dedek. Ada beberapa hal yang jadi catatan saya yang mungkin inilah faktor-faktor penyebab gagalnya ASIX Edel.

1. hari pertama udah dikasih sufor pake dot sama suster di RS. Hni jelas salah karena sebetulnya bayi baru lahir kan isa bertahan 72 jam tanpa asupan apapun karena bayi masih punya cadangan makanan yang dibawa waktu masih didalem kandungan. Jadi langkah yang bakal saya ambil nanti pas lahiran adalah ga akan ngasiin dot + sufor ke suster walaupun diminta. Insya Allah saya akan bilang sama susternya biar saya susuin langsung aja bayinya sekaligus merangsang ASI supaya cepet keluar.

2. Karena bekas operasi caesar masih berasa banget sampai seminggu setelah lahiran, jadi setiap malam kalau Edel bangun minta susu, yang nyusuin adalah suami saya pake dot + sufor. Untuk anak kedua nanti saya bakal lebih nguatin niat untuk bangun meskipun tengah malem untuk nyusuin dengan harapan semakin sering disusuin, semakin banyak ASI. Insya Allah kalau udah diniatin, sakitnya bekas caesar juga ga bakal terlalu dirasa.

3. Kurang rutin memerah ASI. Jadi waktu tengah malem suami abis nyusuin Edel, saya baru  merah lagi jam 6 pagi dimana kondisi PD udah keras sekali. Berdasarkan informasi-informasi yang saya baca, jangan sampai membiarkan PD keras karena harus sering dikosongkan untuk membuat tubuh sadar akan tingginya demand sehingga supply nya juga tinggi. Insya Allah kalau lagi ga disusuin, bakalan diperah minimal 2 jam sekali.

4. Membandingkan daya tahan tubuh. Di tahun pertamanya Edel, rasanya seriiiing banget kita ke dokter anak cuma gara-gara Edel batuk atau pilek. Walaupun kata penelitian (ga tau darimana deh lupa), anak kecil itu masih dalam batas wajar untuk sakit batuk pilek sebanyak 6 sampai 12 kali dalam setahun, tapi kan ga ada salahnya juga kalau ngeliat perkembangan anak yang full ASI apa bakal lebih gampang terserang virus batuk pilek juga atau ngga.

5. Sufor itu mahal. Sekarang ini dalam sebulan Edel bisa ngabisin 8 kotak susu @800gram dan bisa ngabisin hampir sejuta sendiri buat susu aja. Bukan masalah itung-itungan harga sebetulnya kalau sama anak yah. Cuma kan kalau misalnya bisa hemat pakai susu yang gratis, kenapa harus bayar mahal???

6. Kurang mengedukasi lingkungan sekitar tentang penting dan hebatnya ASI. Insya Allah yang sekarang udah mulai selalu nerusin informasi yang saya dapet tentang ASI ke suami supaya suami bisa jadi supporter utama dalam rangka pemberian ASIX. Insya Allah setelah sukses dengan suami mau nerusin ke mbaknya yang bakalan jaga dedek nanti kalau saya udah masuk kerja.

7. Belum adanya informasi tentang konselor laktasi yang bisa bantu waktu saya kesulitan untuk nyusuin Edel. Alhamdulillah setelah saya tau ada Forum Asi Kalsel, Insya Allah jadi tau kemana harus menghubungi andaikata perlu bantuannya.

Okeeee,,sekarang tinggal banyak-banyakin berdoa kayanya supaya segala proses sebelum, selama dan setelah melahirkan bisa berjalan lancar, dan tentunya berharap diberkahi ASI yang melimpah ya 😀

pemandangan awal-awal bulan

pemandangan awal-awal bulan

*kayanya yang harus dijadiin cambuk semangat itu faktor no 5 deh,,hehehehehehe

Advertisements

One thought on “Kenapa harus ngASI???

  1. Pingback: Siapa sih yang ga mau ngasih yang terbaik | Keluarga Pondok Empat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s