perlengkapan ngASI

it’s time for pumping!!!! yow, biasanya jadwal kedua saya pumping dikantor itu jam seginian ni. harusnya sih jam 12 ya cuma karena tadi pumping pertamanya juga terlambat, jadi yang kedua ikutan terlambat deh *hiks,,susah banget untuk bisa tepat waktu

Sebelum pumping, mari kita review dulu perlengkapan yang biasa saya bawa dan saya pake kalau saya pumping diluar rumah :

1. cooler bag

saya pake merk westfield keluaran ace hardware. sengaja saya pilih yang kecil karena saya tau bawaan asip saya sehari-hari ga banyak ngabisin tempat dan biar ringkes juga. harganya ga terlalu mahal, ga nyampe 120ribu kalau ga salah. performanya cukup oke kecuali pas saya bawa asip trus nambahin es batu dan si cooler bag bocor bisa dihitung jadi kekurangan ya. ini ada tas selempangnya juga, jadi ga repot nenteng-nenteng, dan udah pernah saya pake waktu dinas ke jogja. minggu depan, cooler bag ini juga bakaln ikut saya dinas lagi ke bandung.

2. nursing apron

saya beli yang biasa aja, polos ga ada gambarnya dan ga terlalu lebar juga. ini kepake kalau pas saya harus pumping di tempat umum, contoh saya kemarin : di pesawat, di bis dan di ruangan yang ga ada sekatnya.

3. breastpump & botol susu

ini penting banget buat saya karena bikin proses pumping jadi lebih santai. oh ya sekarang ini saya pakainya medela swing, setelah sebelumnya pakai medela mini elektrik (warisan dari kakak). emang sih si swing ini ga bisa ngosongin sampe habis bis, jadi tiap kali sesi pumping, emang harus saya selesain dengan marmet. santainya kenapa? ya kalau pas saya pumping di waktu senggang kan tangannya jadi bisa dipake untuk chating dengan ibu-ibu kece di march+ birth club via wa. hiburan berarti banget itu 🙂 oh ya, botol bawaan medela saya ganti dengan botol yang ukurannya lebih besar karena botol bawaan medela yang ada hanya nampung 150 ml, sedangkan kalau pagi mompa bisa lebih dari itu, jadi daripada ganti-ganti botol saya lebih suka mompa sekaligus dua pd di satu botol.

4. baterai

ini dipakai kalau pas saya  mau pumping tapi ga ada colokan listrik. cuma buat cadangan aja sih karena didalem mesinnya swing sendiri udah saya isiin baterai juga. jaga-jaga aja siapa tau keabisan baterai, soalnya pernah beli baterai untuk pumping di bandara, 50ribu untuk 4 baterai 😦

5. botol  kaca

ini dipakai buat hasil asi yang diperah. kalau ngantor sih pakenya botol aja supaya hemat karena bisa dicuci ulang trus pake lagi. kalau untuk perjalanan dinas ya pakenya kantong asip aja, lebih hemat tempat di cooler bag yang ada, dibanding harus bawa cooler box karena botol kan makan tempat lagipula lebih berat.

6. kertas label & pulpen

dipakai untuk ngasih label tanggal, jam dan jumlah hasil asi perah di botol. ini kepake supaya mbaknya tau botol yang mana yang harus dikasih duluan dan bisa nakar keperluan asip arjun.

7. tisu kering & tisu basah

ini kepake buat bersihin tangan atau sisa pumping biar ga lengket. yaah pokoknya yang namanya tisu ya serbaguna lah ya 😀

okee, itu semua deh perlengkapan perang saya untuk ngASI, kalau kamu bawa apa aja?

Leave a Reply

