Saya & Tagihan

awal bulan lieuuurrrr*

Duh, betapa ya kerasa banget bedanya hidup masih sendiri sama udah berkeluarga. Kemana ajaaa,,,,nikah hampir 4 taun hari gini baru ngerasa, hahahaha….

Jadi ni ya, sejatinya seorang istri itu harus bisa ngatur keuangan kan untuk kelangsungan hidup rumah tangga, yang mana biasanya suami a.k.a kepala rumah tangga bakal ngasiin penghasilannya ke istri untuk dipergunakan sebaik mungkin ngurus tetek bengek printilan rumah tangga. Tapiiiii kenyataannya, gimana kalo si istri ga bisa manage itu duit dan akhirnya habis ga jelas. Huwaaaaaaa,,ini saya banget!!!! and the worst is, saya lupa bayar tagihan listrik selama 4 bulan saja sodara sodara!!! duitnya? ga jelas kepake buat apa,,, Dan sekarang tagihan yang harus dibayar berapa? *tahantangis* 1 bulan gaji doongg, musti nombok malahan *nangisbeneran*

Coba kalo bayarnya dicicil tiap bulan, kan ga berasa berat banget yak! Walaupun saya koq ngerasa mahal aja ya bayar listrik setelah naikin daya jadi 1300. Dulu waktu masih 900, tagihan paling banter 300ribu. Sekarang bisa 700ribu untuk pemakaian 1 kulkas, 2 AC (ga nyala 24 jam), 2 TV, mesin air (1 x per hari), mesin cuci, magic jar, lampu yang nyala kalo malem doang (dan kalo udah pada tidur lampu dalem rumah mati semua), truss apalagi ya… ya standard aja lah, emang musti lebih hemat listrik ni, PR banget.

Sebenernya pengen banget ganti meterannya pake yang pra bayar, kan pake pulsa tuh otomatis pasti inget ngisi dan kayanya lebih bisa ngatur pemakaian listriknya. Tapi belum di-acc sama suami, mungkin nunggu sekalian pasang listrik untuk di rumah kontrakan baru aja biar sekali manggil orang PLN sama tukang listriknya.

Terus ga cuma listrik aja yang saya lupa bayar, TV juga… Karena disini pakenya layanan TV berbayar, sering banget layanan keburu diputus baru saya bayar –> mental harus dipaksa juga ni sayanya. Padahal biasanya beberapa hari sebelum jatuh tempo, bakal ada message gitu kan baik di TV nya sendiri atau lewat SMS tapi koq ya selaluuuu aja ada alasan buat nunda-nunda dan akhirnya lupa.

Ah well, mari kita atur strategi supaya bulan-bulan kedepan kehidupan bisa lebih teratur rapi =)

Advertisements

7 thoughts on “Saya & Tagihan

  1. Wah.. lha kok bisa kelewat sampe 4 bulan ๐Ÿ™‚
    Kalo di daerah saya, telat bayar sehari aja MCB-nya sudah diambil sama petugas lapangan PLN, shg bikin rumah gelap gulita.
    Jadi, pemandangan yang umum di setiap tanggal 19 atau 20 kantor PLN pasti penuh orang dan antrian panjang.

    • wah, brati di batam petugas PLN nya aktif ya mas.. terus kalo MCB diputus, ada biaya pemasangannya lagi ga mas? apa sama dengan bikin sambungan baru atau gimana?

      disini kadang saya suka bingung, duluuuuu banget pas masih cuti melahirkan pernah sih sekali papasan sama petugas pencatat meteran itu, tapi setelah itu ga pernah lagi sampai sekarang. dan posisi pagar selalu ketutup, jadi mungkin perhitungan meterannya nembak aja gitu ya… *asli sama sekali ga ngerti

      • Cuma disita aja, gak ada biaya pemasangan kembali. Kecuali sudah melewati 3 bulan gak bayar, nahh.. itu baru kena biaya pemasangan kembali seperti baru daftar.

        Saya pernah ngalamin sendiri soalnya, pas lagi di kantor… tiba-tiba ditelpon orang yg nyewa ruko saya, karena MCB-nya diambil petugas PLN, pada tanggal 21. Sebenarnya ini kelalaian yg nyewa ruko, entah keluapaan bayar atau alasan lain. Setelah dibayar siang itu juga, akhirnya hanya berselang 2 jam-an petugas lapangannya datang pasang meteran kembali ๐Ÿ™‚

        Memang benar, ada petugas pencatat meteran listrik yg main tembak, ngira-ngira meterannya, dan biasanya disesuaikan setelah beberapa bulan kemudian setelah melihat faktanya (yg dampaknya bisa kekuarangan / kelebihan bayar).

    • sejujurnya, rumah seberang yang kami beli waktu itu mbak…. kan ga keurus tuh, pas kami mau urus listriknya ternyata tagihannya 18 bulan aja dong..dong..dong..dong..
      untung cuma dipake lampu luarnya aja, jadi perbulannya ga nyampe 50.000 kalo ga salah.
      medan hebat yaa PLN nya, petugasnya gesit sekali.. Eh tapi, sekarang masih suka mati listrik ga disana mbak?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s