Akhir Kepak Sayap Garuda

Garuda, biasa beliau disapa..

Sama seperti Garuda kebanggaan Indonesia,

Beliau adalah Garuda kebanggaan Imigrasi.

Sosok idealis yang penuh loyalitas, sifat tegas dan dedikasi  tinggi serta ajaran untuk selalu berani karena benar selalu beliau tanamkan kepada anak didik maupun staf yang dibinanya.

Kini, sudah waktunya sang Garuda beristirahat setelah sekian lama terbang tinggi membentangkan sayapnya.. Sekarang waktunya bagi kami burung-burung kecil untuk mengikuti jejaknya dan tetap terbang semakin tinggi sampai menjadi besar seperti Garuda.

Selamat istirahat dan meneruskan perjalanan lain Garudaku…

 


Imigrasi Berduka

24 Mei 2014

Sore itu saya dapat kabar kalau  beliau meninggal dunia, kagetnya luar biasa karena baru beberapa hari yang lalu kami sempat bertukar sapa.

…Doddy senang Azita suka menulis…

Itu isi chat terakhir saya dengan beliau sewaktu beliau baca tulisan yang saya buat kemarin ini. Iya..saya selalu ingat beliau membahasakan dirinya sendiri dengan nama dan bukan saya atau bapak kalau lagi kasih nasehat atau masukan. Saya rasa hanya sedikit orang yang punya gaya ngobrol kaya gini dan ini ngebuat saya selalu terngiang-ngiang dengan logat sapaan beliau. Bertahun lalu waktu saya masih jadi taruna, satu hari beliau masuk ke kelas kami AIM 9 dan memanggil saya serta menyerahkan sejumlah uang yang kata beliau itu adalah honor dari tulisan saya yang dimuat di majalah asuhan institusi. Bantuk perhatian-perhatian kecil semacam itu dan cara beliau ngasih semangat dan dukungan buat kami..itu ngga akan pernah bisa terganti dengan apapun.

Sekarang ga ada lagi nasehat-nasehat bijak, ga ada lagi kata-kata sederhana yang mengena di hati. Yang ada hanyalah kami yang sudah diamanati nasehat-nasehat itu dan harus menerapkan di kehidupan kerja nyata.

Pak, saya sadar kehilangan yang saya bahkan kami rasakan ngga ada apa-apanya dengan apa yang dirasakan ibu dan putra putri bapak dirumah. Hormat saya untuk ibu yang begitu tegar dan juga putra putri bapak yang begitu santun, persis cerminan bapak.

Walaupun saya tau bapak hanyalah manusia biasa.. Tapi tanpa Bapak, saya bukan apa-apa..

Andai masih sempat, ingin saya ucapkan terima kasih sekali lagi atas semua yang sudah bapak berikan untuk saya atas semua pelajaran hidupnya.

Jadi maafin saya pak, kalau air mata saya menetes waktu jenazah bapak mulai diturunkan ke liang lahat dan adzan dikumandangkan. Bukan ngga rela atau ngga ikhlas pak, saya hanya ingat semua kenangan bersama bapak. Semoga segala amal kebaikan yang selalu bapak lakukan selama di dunia ini menjadi pemberat timbangan untuk masuk ke surga-Nya. Insya Allah semangat dan rasa cinta bapak untuk institusi ini akan selalu menjadi pengingat bagi kami ketika sayap ini sudah lelah untuk terbang.

Selamat jalan ayah didik terbaik, komandan, sahabat, senior panutan..

 

“Allahhummaghfir lahu warhamhu wa’aafihi wa’fu anhu”

 

Image

 

Image

                     Suasana pemakaman di TPU Tanah Kusir 25 Mei 2014

 

 

 

 

 

 

 

 

3 thoughts on “Akhir Kepak Sayap Garuda

  1. Wew sedih membaca tulisan azita tentang alm pak dody. Alm memang sosok teladan yang luar biasa. Terakhir bertemu saya menjenguk beliau sewaktu dirawat di rspp sebelum beliau berpulang ke haribaan Alloh swt. Semoga kita bisa meniru pribadi beliau yang tegas dan mengayomi. Semoga Alloh melapangkan kuburnya..

    • waah baru ngeh ada kunjungan dari bang silo disini 🙂

      iya bang.. beliau ini yang paling memorable banget dan nama beliau selalu jadi jawaban kalau saya ditanya tentang the best leader i’ve ever had..

      semoga Allah ampuni dosa2nya, melapangkan kuburnya dan segala kebaikan beliau semasa hidup bisa menjadi pemberat timbangan baiknya.

Leave a Reply

