Computer Assisted Test

berasa masuk dufan ga sih tangan dicap begini?

berasa masuk dufan ga sih tangan dicap begini?

Jadi hari ini saya dan hampir semua temen kantor ikut tes di kantor BKN Banjarbaru yang diselenggarain BPSDM Jakarta. Tes ini katanya punya tujuan untuk memantau pengetahuan dan kemampuan petugas supaya kedepannya bisa diarahkan lagi dibagian mana kurang-kurangnya. Trus ada yang bilang juga hasil tes ini bisa dijadiin acuan untuk bahan penempatan tugas pejabat teknis. Siapa tau ada yang punya kemampuan lebih, bisa tiba-tiba jadi kepala UPT gitu :p

Ok, sampai kemarin saya belum tau kaya apa sih Computer Assisted Test ini.. Jadi saya niat nulis ini siapa tau besok ada temen saya di kantor daerah lain yang mau tes juga.  Computer Assisted Test (CAT) adalah model tes yang dipakai untuk ujian masuk cpns mulai tahun kemarin kalau ga salah.

Untuk tes di kemenkumham sendiri, tipe penilaian soalnya dibagi jadi 3, yang pertama Tes Karakteristik Pribadi, yang kedua Tes Kompetensi Dasar Umum (kumham) dan yang ketiga Tes Kompetensi Teknis Keimigrasian.

Tes Karakteristik Pribadi

Disini 35 pertanyaan dibagi jadi pertanyaan tentang kemampuan beradaptasi, inisiatif, integritas, pengendalian diri dan semangat berprestasi. Untuk TKP ini sendiri, dikasih target nilai minimal 120.

Teknis Kemampuan Dasar Umum (TKDU)

Disini 30 pertanyaan dibagi jadi pertanyaan tentang Disiplin Pegawai, Organisasi Tata Kerja dan Tusi Unit Utama, Reformasi Birokrasi dan yang terakhir Tusi & UPT kanwil. Untuk TKDU ini nilai minimal yang diharapkan adalah 120. Banyak-banyak deh tuh baca tentang hukuman disiplin, orta kanwil dan orta setjen, sama visi misi, tujuan dan segala tentang reformasi birokrasi.

Uhhuks… Salah saya ga baca-baca tentang ini jadi ngejawabnya kebanyakan pake feeling.

Yang terakhir Tes Kompetensi Teknis Keimigrasian (TKTK)

Disini 35 pertanyaan full tentang keimigrasian. Kalau udah khatam baca dan ngerti undang-undang keimigrasian, niscaya bisa dapet poin 175 disini. Tapi nilai minimal yang diminta di poin ini cuma 105 kok..

Total nilai yang diharapkan minimal 345 dari 500 poin. Jadi untuk bisa dibilang lulus, selain nilai totalnya diatas atau sama dengan rata-rata nilai total, juga nilai per item tes harus diatas nilai minimal. Hasilnya bisa langsung ketauan kok waktu kita klik pilihan “selesai ujian”.

Nilai saya sendiri gimana?

Alhamdulillah untuk nilai total bisa melebihi nilai minimal..tapiiiiiiiiiiii untuk nilai TKDU, masih kurang. At least sekarang udah tau deh mana yang harus dipelajari lagi. Dan pelajaran juga, jangan apatis dalam artian cuma mau mikirin kerjaan internal kantor aja..masih banyaaaakk hal-hal yang harus diketahui dan dipelajari diluar sana…hehehhehe…

Advertisements

4 thoughts on “Computer Assisted Test

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s