Antara Puncak dan Jurang

Lanjutan dari Ranukumbolo I’m In Love

Waktu masih di Ranukumbolo kita banyak papasan sama pendaki yang baru turun dari puncak atau dari Kalimati. Hampir semua dari yang papasan sama kita ceritain hal yang sama tentang perjalanan ke puncak itu, anginnya kenceeeeng, banyak batu berjatuhan sendiri dan porter yang nganter tamunya muncak bilang kalau terpaan angin pas perjalanan ke puncak bikin dia ga bisa malingin muka karena pasti langsung kehempas lagi mukanya.. kebayang??? belum lagi kita sempet papasan sama pendaki yang turun dengan lutut diperban dan berdarah-darah, katanya kena longsoran batu pas muncak. Trus setelah kita tau kaya gini, masih pengen muncak? Saya berasumsi bapak porter dan si mas-mas yang cedera itu karena faktor angin badai yang kita rasain juga di Ranukumbolo. Jadi sisa hari sepanjang perjalanan itu hati saya kebat kebit dan mulut komat kamit mohon sama Allah supaya dikasih cuaca yang bagus dan minim angin untuk perjalanan kami malam nanti.

Setelah berhasil tidur kurang lebih 4 jam, akhirnya jam 23.00 dipaksain bangun buat matiin alarm di hp karena sesuai kesepakatan kita mau mulai jalan jam segitu. Ga pake acara makan dulu karena selain ga nafsu juga emang ga ada yang bisa dimakan kecuali kue-kue aja. Tapi saya sempet minum susu hangat dulu sih segelas, lumayan ngangetin badan.

Tapiiii denger punya denger kok ga ada suara kehidupan ya diluar tenda kita? emang orang-orang ga bakal pada naik ya? tapi akhirnya saya tetep keluar tenda juga sih dan menemukan ada 1 orang lagi celingak celinguk cari temen juga demi menggalang massa 😀 dan jam 23.30 terkumpullah 19 orang yang siap untuk jalan malam itu. Yang paling penting bawa minum yang cukup dan makanan ringan plus senter dan baterai cadangan kalau perlu. Oh ya masalah senter, karena medannya adalah pasir dan batu entah kenapa kayanya senter dengan white light sedikit kurang nyaman untuk dipake jalan, kaya yang mantulin silaunya lagi gitu. Jadi saya rekomen senter dengan lampu yang warna kuning. Kalau mau praktis sih pake head lamp aja supaya tangannya bisa bebas bergerak atau pegang trekking pole. Untuk masalah baju udah pasti saya pake berlapis-lapis ya dan itupun masih menggigil di tengah perjalanan apalagi pas diam istirahat. Jangan lupa juga masker atau ruff untuk nutupin mulut dan hidung karena kita akan bertemankan debu dan pasir sepanjang perjalanan.

Untuk naik ke puncak, biasanya jalurnya lewat Arcopodo sesuai dengan yang ada di papan petunjuk jalan yang kita temuin sore itu. Tapi ternyata sekarang ada jalur baru yang disarankan untuk naik ke puncak, saya dan rata-rata anggota rombongan yang baru pertama kali ke semeru atau ke puncak sih ya ngikut aja mau dibawa lewat jalan mana juga yang penting pulang pergi sehat selamat aman sejahtera.

SAM_0378

Nah perjalanannya ini sendiri dari awal udah nanjak (yaiyakali namanya juga mau ke puncak -_-) ya maksudnya bener-bener ga ada ampun dan ga ada kesempatan untuk liat daerah datar gitu sampai rasanya kepala dan leher pegel karena harus dongak terus pas jalan. Dan medannya saya rasa cukup berat karena musim kemarau gini, pasirnya kering banget yang kalau kita injek kaki kita bisa mblesek masuk sampai lebih dari pergelangan kaki, jadi saran saya pakailah gaiter yang bagus supaya ga bolak balik ngeluarin batu atau pasir dari dalam sepatu. Dan karena ini pasir, saya baru ngerasain untuk pertama kali yang namanya jalan 1 langkah, mundurnya bisa 3 langkah. Disini fungsi trekking pole maksimal banget karena bisa jadi tumpuan pas kita mau melangkah yang bikin seengganya jalan 1 langkah mundur 1 langkah aja. Pemandangan kiri kanan walaupun gelap tapi masih keliatan edelweiss dimana-mana. Pikir saya ah ntar aja pas jalan pulang mau foto-foto edelweiss lagi. Saat itu cuma fokus sama harus jalan terus supaya ga kedinginan dan supaya cepat sampai walaupun saya juga ga bisa prediksi ini dimana dan berapa jauh lagi tujuan karena sepanjang dongakin kepala yang keliatan cuma pasir dan batu,,ah andai punya GPS ya saat itu. Mungkin ga terlalu buta arah dan punya tujuan hidup >_<

Trus akhirnya keliatan cahaya senter dari arah sebelah kiri, katanya itu yang naik dari jalur Arcopodo. Disitu semangat saya muncul lagi, oh brati mungkin sebentar lagi ketemu ni perpotongan jalan untuk ke puncaknya. Begituuuuu terus sampai saya sadar, karena pengaruh kemiringan medan semua jadi keliatan deket padahal jauhnya ajegileeee… Yang bikin saya semangat karena akhirnya saya ga menemukan lagi sebatang pohonpun disana, batas vegetasi yang artinya semakin mendekati jalur ke puncak..yeaayy…

SAM_0391

ngaso sambil menghirup debu

SAM_0393

batu dan pasir sejauh mata memandang

Perpaduan lengkap antara laper, ngantuk dan kaki yang bolak balik kram sukses bikin mood saya turun naik. Saat itu jam 6 pagi total kita udah jalan selama hampir 7 jam dan udah keliatan merah semburat matahari yang mau muncul dari sebelah kiri kita. Dengan suasana yang semakin terang, adalah pilihan yang salah untuk nengok ke bawah kita karena terpampang jelas dibawah kita jurang dan tebing yang seolah siap nangkap kita kapapun kita jatuh #amitamit. Untuk saya sendiri ini cukup bikin nyali ciut karena selalu ada pikiran mau jatuh atau mau merosot kebawah walaupun berulang kali teman saya atau pendaki lain kasih semangat. Saya emang bermasalah sama ketinggian, dan walaupun saya pernah ikut paradasar yang mana kita dilempar loncat dari atas pesawat dari ketinggian sekian ratus meter tapi heloooooo itu saya diikat ke parasut and i feel safe!!!! sedangkan di gunung ini ga ada seutas talipun yang bisa saya pegang untuk ngerasa aman. Disinilah yang sangat disesalkan karena si mas sandi ga jadi nganter kita muncak, padahal kalau ada yang narik saya yakin pasti bisa jalan terus.

SAM_0396

udah keliatan belom aura hopelessnya? 😀

Ok akhirnya jam 07.30 sampailah saya di puncak kekesalan dan keletihan. Cukup sudah saya pikir, daripada diterusin tapi ga selamat, mending mikir waras aja..duduk-duduk ngaso sambil liat kiri kanan, minum dan makan sedikit kue untuk ngembaliin tenaga sambil sedikit foto-foto. Kasian sih sama temen yang akhirnya ga muncak juga walau sebenernya udah saya tawarin kalau mau muncak monggo dilanjut tapi saya nunggu di posisi saya saat itu aja yang akhirnya tawaran saya ga diambil.

tuuuh puncaknya disitu tuuh

tuuuh puncaknya disitu tuuh, deket kan (keliatannya)?

Dari tempat saya duduk ini saya sempetin diem sejenak sebelum merepet lagi, menikmati lukisan indah ciptaan Yang Maha Kuasa, subhanallah ya…tenaaaaanngg banget rasanya, mungkin karena inilah kenapa pendaki-pendaki ini rela bolak balik naik gunung, rela cape jalan jauh banget mendaki tinggi karena emang apa yang bisa diliat dari atas sini ga tergantikan rasanya. Pengen saya lama-lama disini tapi apa daya, semakin lama diem di ketinggian makin pusing saya yang kayanya karena tipis asupan oksigen.

SAM_0398

SAM_0404

SAM_0411

3418 mdpl

3418 mdpl

Sesaat sebelum turun, kita sempet ngobrol sama bapak-bapak yang lagi mau nyusulin temennya yang udah naik duluan. Ternyata temennya bapak itu yang tadi ngobrol sama kita juga, orang Cisarua yang niat awalnya bike to mountain aja ga pake acara muncak..keren ya,,setelah dari sini mereka mau ke pantai selatan atau kemana gitu katanya. Dari GPS bapak itu juga kita tau kalau ketinggian kita saat itu ada di 3418 mdpl yang artinya sisa 200 meteran lagi untuk sampai kepuncak. Tapi dengan sudut kemiringan 35 derajat, jangan bayangin 200 meter bisa sampai dalam waktu 10 menit macam jalanan lurus, ini dalam kecepatan jalan konstan baru bisa sampai puncak sekitar 1 jam lagi. Maka setelah temennya si bapak itu turun, kita pun ikut jejak mereka untuk turun juga.

Update : beberapa hari setelah turun, saya dan bapak itu bisa chat via fb karena saya liat foto si bapak naik sepeda di-tag ke senior saya yang ternyata temen si bapak di komunitas biking. Dunia ini tak selebar daun pisang bro :p

Dari awal naik, yang saya takutin itu emang perjalanan turunnya karena ngeliat perjalanan naiknya yang luar biasa. Ternyata rute turun itu ga sama dengan rute naik, jadi kita geser ke sebelah kiri yang isinya cuma pasir aja sama batu-batu kecil dan cara turunnya juga ternyata ga selangkah-selangkah macam jalan biasa, tapi macam orang lagi ski di pegunungan es, kebayang? apalagi sebelumnya ada turis yang turun pake 2 trekking pole, udah berasa lagi main ski aja doi cuma bedanya yang ini ski di pasir 😀 tapi meskipun turun, ternyata ga semudah bayangan awal saya, tetep aja lutut dan tumit pegel-pegel ciiiing belum lagi jatuh-jatuh diatas pasir sambil ngenes, perjalanan naiknya 8 jam turunnya cuma sekejap. Mungkin perjalanan hidup dalam meraih sukses juga bisa diasumsikan seperti ini :p

Oke, cobaan selanjutnya adalah dengan matahari yang udah bersinar terang otomatis baju berlapis saya yang tadi bikin nyaman akhirnya malah menyiksa. Jadi satu persatu saya lepas lapisan baju sebelum lanjut perjalanan ke Kalimati lagi. Nah untuk turunnya ini, entah kenapa temen saya ga nemu rute kita berangkat yang lewat jalur baru itu, tapi malah masuk ke jalur Arcopodo yang mana disini baru terbukti omongan orang di blog-blog lain kalau perjalanan ke puncak itu kiri kanannya jurang. Mungkin karena mereka lewat Arcopodo ini yang menurut saya emang lebih nyaman pijakannya karena bukan pasir tapi lebih susah rutenya karena selain banyak akar pohon, jalanannya kecil sempit dan kiri kanan jurang, kebayang? kalau belum mendingan ga usah dibayangin..

Saat itu entah kenapa lutut kanan saya juga tetiba nyeri yang sakitnya ampun-ampun waktu dipake di jalanan turun ataupun naik, kalau jalanan datar masih tolerable lah sakitnya. Belum lagi yang saya jatuh kesandung akar pohon, perfect!!! Sementara jalur sepi, dari atas ga ada yang turun, dari bawah ga ada yang naik..saya udah curiga kalau kami salah jalan, tapi karena temen saya yakin maka sayapun diem aja sambil terus ngerecokin dengan pertanyaan berapa lama lagi sampe? berapa jauh lagi? karena semakin lama jalan, semakin saya curiga..hahaha.. saya insist kalau seharusnya kita pulang lewat jalur kita berangkat, karena bukan tanpa alasan jalur baru dibuka. jadi seharusnya ga usah lewat Arcopodo lagi. Dengan pandangan yang mulai berkunang-kunang, saya paksain terus jalan dengan nguatin pikiran kalau mau pingsan mending deket tenda aja karena kalau pingsan sekarang ntar ga ada yang angkut, yang ada malah ditinggal ditengah hutan >_<

SAM_0412

semakin mendekati Kalimati

SAM_0413

SAM_0415

diujung jalur pendakian Arcopodo

Waktu udah ngeliat pemandangan itu, pengen sujud syukur rasanya karena bisa ngeliat lagi daerah yang familiar buat saya dan mas sandi lansung menyambut kita dong yang ternyata dia khawatir karena sampai jam 09.30 kita belum keliatan batang hidungnya. Ceritanya dia sampai nyusulin takut kita nyasar di Arcopodo karena emang banyak simpangan. So sweet banget dia itu..mungkin beban mental juga kali ya kalo kita kenapa-kenapa. Dia cerita semua orang turun lewat jalur baru dan kita ga turun-turun sedangkan jalur Arcopodo emang ditutup karena bekas longsor!!! see…..bener kan saya bilang, ga mungkin dibuka jalur baru tanpa alasan. Serta merta saya mendelik dan mendengus kesal sama teman seperjalanan saya. Oh ya diperjalanan turun tadi itu juga saya liat banyak nisan dipasang malah ada yang baru-baru juga..kebayang ga sih kalau tadi malam kita naik lewat sini, apa ga gemeter duluan (saya sih khususnya). Sebelumnya saya emang liat juga banyak nisan tapi di Ranukumbolo dan ga dilewatin pas malam-malam. Nyampe di tenda saya langsung ambruk gelar matras dan sleeping bag buat tidur diluar sementara katanya teman saya mau beberes tenda. Ampun minaaaaah mata sepet kaki nyeri perut lapar badan meriang…apalah awak ini…lemah kaliiii 😥

Setelah makan dan istirahat bentar plus beberes, kita jalan pulang jam 12an pas matahari diatas kepala..keren kan? berasa ditusuk-tusuk aja gitu kepalanya. Tapi kita bekal nutrisari dong yang karena pengaruh cuaca jadi kaya abis dimasukin kulkas rasanya segeerrr…

'till we meet again semeru :)

’till we meet again semeru 🙂

SAM_0421

oro-oro ombo lagi

SAM_0428

ranukumbolo senin sore, sepiii cuma ada beberapa tenda yang ngecamp saat itu

Sampai di Ranukumbolo jam 4-an karena saya ga bisa jalan cepat gara-gara lutut kanan masih nyeri. Awalnya mas sandi ini bilang emang mau ngajakin kita pulang lewat jalur Ayak-Ayak yang katanya bisa mangkas waktu perjalanan. Setau saya sih jalur ini ditutup karena sering banget bikin nyasar pendaki dan karena alasan lain, namun kita percaya lah sama mas sandi karena ini jalur main dia sehari-hari, ga mungkin nyasar. Jalur ini emang biasa dipakai sama porter supaya bisa pulang pergi lebih cepat. Katanya kalau lewat jalur ini dia bisa sampai cuma 1,5 jam perjalanan aja. Tapi itu kan standarnya porter ya..kalau untuk kondisi kaya saya silahkan dikalikan 3 waktu perjalanannya. Sebelumnya kita udah jelasin kondisi kaki saya yang ga bisa dipake nanjak, tapi kata dia tanjakannya cuma sekali aja kok kaya tanjakan cinta itu, setelahnya bakal turuuuuuuunnnn terus sampai ke Ranupani. Faktanya? Emang bener tanjakan awalnya kaya tanjakan cinta cuma sejam bener-bener nanjak terus dan kita itu naik ke belahan bukit, yang ternyataaaa masih ada tanjakan dibalik bukit itu!!!!

SAM_0433

itu! liat ga celah diantara bukit itu, disitulah tersimpan tanjakan selanjutnya 😥

SAM_0435

pemandangan dari jalur Ayak-Ayak

SAM_0431

Sampai akhirnya tibalah kita ke tanjakan terakhir yang udah dibikin kaya tangga-tangga gitu, entah siapa yang buat tapi ini buat hidup saya lebih mudah saat itu dan akhirnya bisa bernapas lega pas tau no more tanjakan!!!

SAM_0436

penampakan dari atas

SAM_0439

desa Ranupani jauh dibawah sana

Disini ada motor yang diparkir, kata mas sandi itu motor-motornya yang pada jualan diatas, yang sempet saya liat di Ranukumbolo, Cemoro Kandang sama Jambangan. Terjawab lah ya sudah penasaran dari kemarin-kemarin yang gimana bisa orang-orang itu bolak balik dalam sehari untuk jualan. Darisini emang rutenya turuuuuuuun terus tapi medannya pasir lembut gitu yang kalau diinjek langsung berterbangan debunya. Dan jalanan sempit harus dipotong dengan legokan jalur motor ditengah, pilihannya ambil jalur kiri yang sempit atau jalur kanan yang mepet jurang. Masih dengan kaki yang semakin nyeri setiap dipakai melangkah turun, tiba-tiba terdengar suara teman saya dari bawah yang bilang kalau ada motor yang bisa anter ke bawah.. Oh terima kasih Ya Allah 🙂

Akhirnya sisa perjalanan saya terusin naik motor si paman itu yang sebenernya lagi nungguin mau jemput kakaknya yang abis jualan di Ranukumbolo, lalu saya bajak buat jadi ojek nganterin saya ke Ranupani. Keputusan yang ga saya sesali karena ternyata perjalanan ke bawah itu kalau saya terusin jalan kaki bakalan lamaaaaa banget sampenya. Terus sama si paman itu diajak dulu kerumahnya karena kasian katanya liat saya, jadi sambil nungguin mas sandi sampai bawah kita kerumahnya si paman disuguhin gorengan, kopi sama makan nasi dooong berteman 3 T (tahu, tempe, telor). Syukur banget karena dari pagi baru makan super bubur doang 1 bungkus. Terus abis itu pamannya anter kita ke pos perizinan buat ambil barang-barang yang dititip sekalian lapor turun. Si mas sandinya udah nongkrong aja gitu di warung deket pos, curiga punya pintu ajaib ni si mas sandi :p

SAM_0440

temen saya bilang, kapan lagi turun gunung naik ojek.. walaupun gitu sepanjang perjalanan naik ojek ini saya tutup mata karena kanan kiri jalanan yang dilewatin itu jurang

SAM_0444

blame on mas sandi!!!!

Selesai packing dan bagi-bagi barang itu masih jam setengah 8-an tapi suasana Ranupani udah sepi mencekam. Pas kita ke tempat mangkal jip ternyata ga ada yang turun malam itu, jadi kalaupun mau turun, harus sewa 1 jip yang seharga Rp.550.000. Tapi kita putusin untuk cari home stay aja karena saya udah ga kuat lagi kalau harus ngelanjutin perjalanan dan pengen langsung istirahat yang bener plus mandi 3 ronde buat gosok semua debu dan pasir yang nempel di badan.

Home stay ini adanya di depan gereja, jalan sedikit dari tempat mangkalnya jip. Namanya Arta Jasa kepunyaannya pak sayuto. Pak Sayuto ini yang nganterin kita dari Tumpang ke Ranupani waktu hari Sabtu kemarin. Dia punya 2 home stay di Ranupani, 1 yang kita tempatin malam itu ada 5 kamar didalamnya. Tarifnya Rp.75.000 per orang/malam. 1 lagi sedikit dibawah tempatnya, rumah lebih besar dan dia cerita rumah itu yang disewa sama kru dan artisnya film 5 cm waktu syuting dulu. Yang paling penting sih itu homestay ada air hangat buat mandinya jadi saya bisa tidur nyenyak malam itu.

1383494_10204461800686393_4642125970518279013_n

penampakan home stay Arta Jasa 1

Paginya kita minta dianter juga sih sama Pak Sayuto ini ke Tumpang terus dari Tumpang beliau ganti mobil biasa karena kita minta anter juga ke Malang buat ngembaliin perlengkapan camping abis itu minta anter lagi kerumah temen saya. Beliau kasih harga Rp.550.000 juga..best deal lah daripada harus ngecer angkot lagi. Kalau ada yang perlu angkutan Jip untuk seputaran Bromo-Tengger-Semeru bisa hubungi Pak Sayuto di nomer 0852-5901-4733.

Over all, saya bahagia banget bisa ngerasain semua pengalaman ini. Walaupun setelah ini kembali nabung lagi dari 0 dan harus extra mengencangkan ikat pinggang 😀

Untill We Meet Again Semeru

= Tamat =

Ranukumbolo I’m In Love

Lanjutan dari Berani (menyimpan) Mimpi

Malam kita sampai jam 20.10 dan langsung pasang tenda. Karena sepanjang perjalanan kita belum ada yang pakai jaket, jadi sampai di Ranukumbolo rada heran juga ngeliat orang pada menggigil dan banyak juga yang menghangatkan diri di depan api unggun. Begitu didalem tenda dan bebersih badan, baru deh ngerti kenapa kita ga kedinginan dari tadi, yaiyalah orang keringetan dijalan..hahahaha….dan saya khususnya harus ngerasain dingin yang betul-betul menggigit tulang walau udah pakai longjohn dilapis baju panjang plus jaket dan tidur didalem sleeping bag. Sebelumnya emang kita udah dapet informasi kalau malam di Ranukumbolo sekarang-sekarang ini emang suhunya mencapai -4 dercel. Ditambah lagi malam itu ada angin badai yang ngebawa pasir dan debu masuk ke dalam tenda lewat celah lubang angin yang bikin muka kita dan semua barang yang ada didalam tenda jadi kotor menghitam semua. Lengkap sudah..belum lagi suara gesekan angin ke tenda di tengah malam sunyi bikin bulu kuduk merinding. Jam 3 pagi baru angin reda dan saya bisa tidur walau ga lama kebangun lagi karena tenda-tenda sebelah udah mulai menunjukkan tanda kehidupan.

Jam 6 baru saya buka pintu tenda dan nunggu matahari terbit, diselingi angin kencang yang masih bawa pasir dan debu kita nyambi masak yang ga kelar-kelar karena trangia yang kita sewa ga ada penutupnya jadi bikin airnya bolak balik kotor sampai akhirnya temen saya keliling cari seng buat tutup trangia dan juga angin kenceng pengaruh ke bahan bakar yang lebih cepat habis. Oh ya air di Ranukumbolo ini kaya air es, jadi untuk wudhu pun menggigil rasanya tapi mau ngga mau tetap harus pegang air untuk bersihin sisa-sisa pasir dan debu yang nempel di muka sisa semalam.

yang didalam tenda mulai keluar nungguin sunrise

yang didalam tenda mulai keluar nungguin sunrise

Kalau kita kesini sekitar bulan Juni katanya matahari itu terbit tepat ditengah diantara 2 bukit..kalau sekarang kan rada nyerong di kanan ya terbitnya. Tapi sama sekali ga mengurangi keindahan Ranukumbolo di pagi hari kok dan yang paling penting badan udah mulai menghangat waktu matahari terbit. Oh ya saya juga sedikit amaze karena sepanjang perjalanan banyak ketemu dengan orang yang emang sengaja mau malem mingguan aja di Ranukumbolo ini, keren ya..disaat banyak orang malem mingguan ke mall.. disini malah pada rela jalan kaki jauh-jauh cuma buat numpang tidur di tenda :p Ga heran malem minggu gini hampir semua spot udah keisi tenda. Kalaupun ada yang kosong itu dibagian belakang yang tanahnya miring-miring atau yang jauh dari danau sekalian. Tapi beruntungnya kita karena ada temen yang liat 1 spot kosong persis didepan danaunya dan didepan tenda lain.

suasana minggu pagi di Ranukumbolo

suasana minggu pagi di Ranukumbolo

SAM_0287

pemandangan dari dalam tenda

pemandangan dari dalam tenda

Jam 10 pagi rata-rata orang udah mulai pada bergerak baik yang naik ngelanjutin ke Kalimati atau yang turun ke Ranupani. Porter kita juga udah ngajakin jalan jam 11 pagi tapi rombongan kita baru bergerak jam 1 siang karena kita mau selesain masak dulu yang akhirnya pindah ke bangunan posko karena minim angin sekalian untuk masak makanan untuk sorenya. Bosen deh tuh porter nungguin kita 😀

barisan pendaki yang mau turun ke Ranupani

barisan pendaki yang mau turun ke Ranupani

siang di Ranukumbolo sebelum jalan ke Kalimati

siang di Ranukumbolo sebelum jalan ke Kalimati

Tanjakan Cinta

Keluar dari Ranukumbolo untuk sampai ke Kalimati, kita harus lewatin dulu 1 tanjakan yang dibilang tanjakan cinta, konon katanya kalau naik tanjakan ini jangan nengok ke belakang supaya perjalanan cintanya mulus. Tapi ah…siapa sih yang tahan untuk ga nengok-nengok kebelakang buat liat pemandangan kaya gini

pemandangan dari tengah tanjakan cinta

pemandangan dari tengah tanjakan cinta

Setelah lewat dari tanjakan cinta, rutenya bersahabat banget ni sama kaki soalnya tinggal luruuusss aja terus lewatin oro-oro ombo ini. Pantesan kata teman saya ga bakal makan waktu banyak untuk perjalanan ke Kalimati. Sayang kita kesini waktu lagi puncaknya kemarau jadi oro-oro ombo dan sekitarnya kering merata dan warna coklat dimana-mana. Tapi ini bisa jadi alasan kan untuk balik lagi kesini lain hari 🙂

SAM_0338

Oro-Oro Ombo yang kering

SAM_0340

Di sepanjang perjalanan mulai dari Ranupani ada papan petunjuk kaya gini di tiap posnya, jadi ada bayangan berapa jauh lagi tujuan selanjutnya. Di pos Cemoro Kandang dan Jambangan ini ada warga lokal yang jualan loh.. Yang laper ada nasi bungkus dan gorengan kalau mau yang seger-seger ada buah semangka potong, harganya Rp.5000/2 potong

SAM_0342

Edelweiss pertama

Finally…. setelah bertahun-tahun memendam keinginan untuk menemui Edelweiss ditempat asalnya.. akhirnya kesampean juga. Edelweiss pertama yang saya temuin ini ada di pertengahan jalan antara Jambangan dan Kalimati, tapi di sekitar sini kebanyakan Edelweiss nya kering, yang segernya masih kuncup-kuncup.. Biarkan aja mereka tumbuh dan berkembang disana ya dan cukup kita ambil fotonya 🙂

SAM_0349

SAM_0355

sampai di Kalimati, ga bisa lagi ga pakai jaket karena angin kencang bikin cuaca tambah dingin

SAM_0365

padang Edelweiss, rata-rata Edelweiss di Kalimati ini masih pada segar bunganya

SAM_0361

dadah-dadah sama Edel yang lagi dirumah 🙂

SAM_0369

Edelweiss yang masih segar gini bikin sejuk mata ya 🙂

Perjalanan dari Ranukumbolo ke kalimati ditempuh selama 3 jam dengan istirahat di tiap posnya ga lebih dari 10 menit. Jalanan setelah lewat dari Oro-Oro Ombo ke Cemoro Kandang dan Jambangan udah mulai nanjak-nanjak dan saya harus berhenti setiap 50 langkah untuk tarik napas 50 kali 😀 tapi setelah dari Jambangan ke Kalimati jalanannya turun sedikit dan kalaupun ada tanjakan masih cincay lah.

Setelah cari spot untuk diriin tenda yang sekiranya ga bakal kena tempaan angin parah kaya di Ranukumbolo, akhirnya kita putusin untuk pasang tenda di area pohon cemara aja karena sekalian bisa ngiket tendanya ke pohon. Ceritanya kapok karena di Ranukumbolo frame tenda kita sampai patah karena tenda sempet ketiup angin waktu mindahin barang ke posko..untung masih bisa diakalin itu frame tenda.

Terus di Kalimati ini juga ternyata sumber airnya ga ada disitu, jadi harus jalan dulu sekitar 1 jam pp (versi cepat) untuk ke sumber mani, sumber air satu-satunya di Kalimati. Beruntung kita pake jasa porter dalam perjalanan ini jadi begitu tenda berdiri, porternya yang ke Sumber Mani untuk ambil air. Porter kita namanya mas sandi dan dari Sumber Mani dia juga bawa batang pohon cemara untuk dibuat api unggun didepan tenda kita karena saya ngeluh malam sebelumnya ga bisa tidur karena kedinginan di Ranukumbolo. Malamnya banyak orang dari tenda lain juga ikut ngangetin badan di depan tenda kita.

SAM_0385SAM_0387

lumayan kan..tidur hangat dan air berlimpah tanpa cape..hehehe…

Porter ini bisa kita dapat waktu di posko perizinan Ranupani. Biasanya ada kok yang nawarin langsung ke kita, tapi kemarin kita minta langsung dicariin ke pak Ingot yang jaga posko. Biayanya Rp.150.000/hari jadi tinggal kaliin aja kita mau berapa hari diatas gunungnya.

SAM_0379

spot terbuka ini dipake sama turis dari Italia kalau dengerin obrolannya sih.. ada 8 tenda dan rombongan mereka sekitar 17 orang. kita sih ga berani ambil spot di lahan terbuka gini, parno serangan angin lagi

SAM_0375

ini rombongan porternya turis-turis tadi

Turis-turis ini selain pakai jasa porter juga pake guide, dan bukan cuma dibawain barangnya aja tapi mereka juga dimasakin sama porternya. Jadi begitu sampai tujuan, ga usah cape-cape masak lagi..tinggal duduk santai aja ntar porternya yang masak dan makanan lengkap bakal disajikan di nampan mulai dari lauk pauk sayuran, buah, minuman hangat dan makanan ringan. Cuma sayang saya lupa nanya sama guidenya berapa tarif untuk paket layanan kaya gini. Kan asik toh ga usah cape-cape mikir makanan lagi 😀 lain waktu mudah-mudahan ada rejekinya ni buat ambil paket begini.

Jam 7 malam saya paksain buat tidur walau ga ngantuk karena badan harus dipaksa istirahat untuk persiapan summit attack yang rencananya mau berangkat jam 11 malam, dan belajar dari pengalaman hari sebelumnya.. saya pakai baju 4 lapis, celana 3 lapis dan kaos kaki 2 rangkap plus jaket sama sarung tangan dan pastinya bergelung didalam sleeping bag. Nyaman loh… Ternyata ada manfaatnya juga survey sleeping bag sebelum beli. Saya sengaja cari sleeping bag yang comfort range nya suhu minus karena sadar diri daya tahan dingin saya lemah. Ga kebayang kalau saya asal bawa sleeping bag yang biasa..mungkin bisa hipotermia kali ya >_<

kesana kita bakal pergi ntar malem

kesana kita bakal pergi ntar malem

Bersambung kesana…

Berani (menyimpan) Mimpi

Awalnya karena sering ikut kegiatan pramuka waktu SMP yang anggota dan alumninya sering pergi camping ke gunung dan travelling, sampai sekarang saya masih kebawa-bawa cinta aroma gunung. Sampai akhirnya nikah dan punya anak, saya kira ga bakal lagi bisa naik gunung lagi karena suami saya bukan pecinta kegiatan outdoor. suami saya lebih seneng diam dirumah nonton bola atau bahas hot issue tentang politik atau pemerintahan yang saya ngga suka :p

Sampai akhirnya beberapa bulan lalu keinginan naik gunung itu tiba-tiba muncul lagi dan terus membayangi pikiran dan hari-hari saya. Sambil nyetrika cucian 2 keranjang, izin pun saya lontarkan ke suami tapi sayang reaksi suami masih sama, ga penting sih naik-naik gunung!!! oh maaannnn…. 😦

Terus nyerah? ngga dong.. saya malah rajin latihan fisik dan nyiapin beberapa perlengkapan yang mau dipake untuk naik gunung. Loh kan ga diizinin? hehehe…saya tau sih keinginan saya rada maksa dan saya tau suami ga bakal tega ngelarang saya yang kalau keinginannya udah di ubun-ubun ini ga terlaksana bisa “meledak”. Jadi mungkin daripada ada prahara dan gonjang ganjing plus males direcokin terus, beliau ikhlaskan juga saya dan segala persiapannya.

So, here i am…

siapa sangka akhirnya bisa mengunjungi semeru 🙂

Perjalanan ke semeru dimulai dari malang karena saya harus ke tempat penyewaan perlengkapan camping dulu di jalan Ciliwung. Disini (ciliwung camp) lumayan lengkap perlengkapannya cuma karena posisinya ditengah kota jadi ya rada muter-muter juga untuk ambil dan kembaliin barangnya. Untuk yang domisilinya di malang sih recommended lah karena mas-mas yang punyanya juga ramah dan baik, helpfull juga . Untuk yang ga mau mampir-mampir di malang, di ranupane juga ada kok tempat penyewaan perlengkapan campingnya cuma mungkin harganya sedikit lebih mahal dibanding disini. Saran saya, kalau sekiranya emang punya perlengkapan sendiri, mending bawa sendiri karena kita kan ga tau detil kondisi barang yang disewakan belum lagi harus super hati-hati supaya barang sewaan ga rusak supaya ga kena denda ganti rugi. Ini pengalaman karena temen saya sebetulnya punya perlengkapan sendiri kaya tenda, trangia, dll.. cuma karena males bawa sendiri akhirnya kita sewa 😀 kalau mau coba bisa langsung cek websitenya atau liat brosur dibawah

brosure-7-AGUSTUS-2014-KCL

Dari malang perjalanan dilanjut ke Tumpang, bisa naik angkot eceran atau carter angkot sekalian kalau yang pada turun di stasiun, biasanya banyak kok barengannya di stasiun malang. Saya sendiri carter angkot langganan dari tempat rentalnya, nama supirnya pak Supandi siap dihubungi kapan aja untuk anter jemput dalam kota atau antar ke Tumpang, nomer handphonenya 0857-9088-7866.

Di pos ini kita didata untuk penyewaan jipnya, jadi sekali berangkat 15-17 orang dengan biaya Rp.35.000/orang atau kalau pas ga ada rombongannya, biaya jip jadi Rp.550.000 sekali jalan. Di pos ini juga sekalian disuruh isi surat pernyataan sama ngelist barang bawaan yang nantinya difotokopi 2 rangkap setelah ditanda tangan diatas materai untuk diserahin di pos perizinan Ranupani. Buat yang masih belum beli-beli bahan makanan atau cemilan atau perlengkapan apapun, pos ini sebelahan sama pasar jadi ga usah khawatir karena semua bisa dibeli disini sambil nunggu rombongan jip lengkap untuk berangkat. Perjalanan dari Tumpang ke Ranupani itu sendiri sekitar 1,5 jam dengan jalanan yang lumayan nanjak, terus kemarin supirnya berhenti sebentar di pos dalkarhut jemblang supaya kita bisa foto-foto dengan background gunung bromo 🙂

Kemarin kita sampai di pos Ranupani udah jam 3 sore, walaupun dikasih saran sama yang jaga pos (pak ingot) untuk naik besok paginya tapi karena beberapa pertimbangan akhirnya kita tetep mau naik sore itu juga tapi nunggu dapet porter yang dicariin sama pak ingot juga. Disini kita serahin surat pernyataan yang udah kita isi di Tumpang tadi dan surat keterangan berbadan sehat yang udah disiapin sebelumnya sama bayar biaya tarif masuk kawasan TNBTS. Biaya ini dihitung perorang perhari maksimal 3 hari pendakian, jadi hitung aja sendiri biayanya tergantung weekend atau weekday. Untuk yang mau booking naik ke semeru bisa lewat pak ingot ini di nomer telepon 0828-3414-683, baik banget ni bapaknya..batak yang njawa sekali 🙂 oh ya setiap pendaki yang mau naik atau baru turun harus lapor di pos perizinan ini. Pos buka dari jam 8 pagi dan tutup jam 4 sore, jadi setelah jam 4 ga bisa daftar lagi dan harus tunggu besok paginya lagi.

Akhirnya kita mulai jalan jam 4 sore, cukup teduh tapi tetap berdebu. Jadi untuk kenyamanan, mendingan pake masker atau ruff/buff atau syal apapun deh untuk nutupin hidung.

bersambung kesana…

(another) liburan singkat

Kenapa another? karena sebenernya sebelum kita pergi kesini, 2 minggu sebelumnya kita liburan (terpaksa) juga ke tempat lain tapi belum sempet ditulis..hehehe, Insya Allah abis ini baru ditulis 🙂

Finally setelah tinggal 4 tahun lebih di Banjarbaru, kemarin kita ada kesempatan untuk main keluar kota yang lumayan jauh. Walau sebenernya saya udah males duluan ngebayangin perjalanannya yang hampir 5 jam, tapi demi pengen ngajakin anak-anak main di pantai sekaligus ada acara silaturahmi alumni AIM Kalimantan Selatan, jadi berangkatlah kita hari sabtu 3 minggu yang lalu.

Tujuan kita yaitu ke Pantai Angsana, tempatnya di kecamatan Angsana Kabupaten Tanah Bumbu. Pantai ini jauh lebih baik dibanding Pantai Batakan menurut saya. Air dari lautnya masih bersih dan disekitaran pesisirnya juga walaupun ga bersih total dari sampah tapi masih lebih mending dibanding pesisir di Batakan.

Kita nginep di MP Resort Angsana Beach, ada 12 kamar di lantai 1 tapi saya ga ngecek yang dilantai 2 nya sih.. Resort ini masih dalam tahap pembangunan, tapi untuk kamar yang kita tempatin kemarin lumayan ok. Dengan rate kamar Rp.625.000 ukuran kamarnya lumayan besar dengan kasur king size masih bisa ditambah extra bed 2 biji, untuk fasilitas lain mirip di hotel-hotel biasa lah, kamar mandi ada air panas, handuk, sendal, pemanas air minum.

Tapiiii untuk sarapan resortnya ngga sedia sistem buffet, kita dikasih kupon 1 kamar untuk 2 orang yang bisa dipakai untuk ambil sarapannya yang berupa nasi goreng pake telor dan kerupuk plus segelas teh manis hangat 😀 Di resort ini juga ada kolam renangnya, namun mereka strict banget untuk masalah renang di kolam itu. Biasanya kalau di hotel lain kan tamu hotel bisa bebas renang ya di kolam renang dalam hotelnya. Kalau disini tamu hotel dikasih kupon renang untuk 2 orang yang berlaku untuk 1 kali renang saja. Jadi ga bisa lebih orang dan ga bisa lebih dari sekali 😦 Mungkin harus beli kupon lagi kali ya. Tapi ya sudahlah, renang di kolam kan sampingan aja, yang utama nyari pantai toh disini 🙂 Oh ya angin di sekitaran pantai ini menurut saya dingin sejuk, padahal biasanya angin pantai itu lengket-lengket panas gimanaaa gitu kan..hehehe…

Paginya, ada kegiatan outdoor yang bisa kita coba. Ada snorkeling yang tempatnya sekitaran 20 menitan pake perahu ketengah laut dan dikasih waktu 1 jam untuk snorkeling sebelum balik lagi. Biayanya Rp.350.000 untuk 1 perahu yang bisa dipakai untuk 8 orang. Untuk biaya sewa alat snorkel nya Rp.30.000 per orang.Kalau perginya ga rombongan, bisa kok cari barengannya dulu disana.

Selain itu ada banana boat yang biayanya Rp.25.000 per orang udah termasuk sewa pelampung minimal 5 orang sekali tarik, dibawa 2 kali puteran plus bonus dibalik boatnya kalau sekira penumpangnya pada berani 🙂

Untuk anak-anak, cukup puas lah ya mainan ombak, pasir dan guling-gulingan di pinggir pantainya. udah dapet bonus warna kulit belang tuh walaupun mantainya pas teduh. Mungkin besok-besok kita bakal kesana lagi kalau ada rejekinya dan kalau ga malas bayangin perjalanannya lagi..hehehe.. Soalnya dari pinggir jalan raya untuk sampai ke pantainya ini kita harus lewatin kebun sawit yang panjaaaaang dan luaaasss dengan jalanan yang ga rata alias gerunjulan.

 

10687024_10204349921609486_4388022289688906869_n

tolong abaikan posisi berdirinya si kakak ^^ itu di samping kiri kanan tempat tidur masih bisa dipasang extra bed

10574442_10204310833752314_513369682260373386_n

banana boat-an dengan abang-abang alumni AIM Kalsel

10628522_10204310827392155_1733393346828232620_n

si adek udah dimandiin namun ga rela kalau kakaknya masih main jadi ikut mainan pasir lagi

10653849_10204347979680939_8740250041054466124_n

penampakan depan (the one and only) resort di Angsana Beach

10593149_10204310883873567_2258947348043846925_n

setelah bosan main ombak lalu main pasir sampai hitam

1958550_10204310827872167_383111259204785966_n

awalnya nangis kena air, lama-lama nangis ga mau diangkat

10622762_10204310829152199_6286739957916643170_n

pondok empat family 🙂