Antara Asap, Asma dan Sinus

10557166_10204566589306043_6942929782890177565_n

suasana pagi diperjalanan ke kantor

Kurang lebih udah sebulan ini langit kami ditutupin asap setiap pagi. Awalnya masih biasa aja sampai satu persatu anggota keluarga dirumah mulai batuk-batuk. Saya sendiri baru ngeh asap masuk rumah setiap hari mulai dari jam 2 dini hari karena sempat kebangun gara-gara nyium bau asap ini dan kerasa sesak napas. End up pas keluar kamar, liat pemandangan kaya ada yang lagi bakar sate didalam rumah tertutup.

Awalnya Edel yang batuk lalu makin hari makin parah sampai asmanya kumat, lalu Arjun mulai batuk-batuk dan akhirnya muntah-muntah tiap batuk. Lanjut ke suami yang batuk dan terakhir saya harus ngalamin sakit lagi karena sinus yang udah lama ga muncul kini dengan riang gembira hinggap lagi dihidung dan bikin sakit kepala yang ga jelas. Tapi masih untunglah kalau orang dewasa yang sakit kan jelas ya penanganannya gimana dan masih bisa pakai masker setiap hari. Sedangkan anak-anak kecil ini, mau dipakein masker juga? mimpi aja kali… yang ada itu masker ditarik-tarik lepas.

Jadi sekarang saya masih berpikir-pikir solusi yang bagus gimana ya untuk meminimalisir asap ini masuk ke rumah, padahal pintu dan jendela udah ketutup semua di kamar. Di ruang tengah sih palingan yang masih ada lubang udaranya. Yatapi masa lubang udara ditutup full juga ya? Ada yang nyaranin beli air purifier aja supaya bisa bersihin udara dalam ruangan, lagi mikir-mikir juga sih soalnya saya udah ada rencana beli nebulizer juga buat edel dan saya. Pengalaman kemarin pagi buta udah nongkrong di UGD supaya edel bisa diuap cuma kan di rumah sakit kadang maskernya ga cocok sama ukurannya anak jadi kasian juga ya. Entahlah.. Jadi bingung beli yang mana dulu, pengennya sih nyicil yang 0% namun kartu kredit pun ga punya..hahahaha…

kalau lagi sakit emang melas banget mukanya,,tapi pas seger bikin kita jadi mules :p

kalau lagi sakit emang melas banget mukanya,,tapi pas seger bikin kita jadi mules :p

Ada yang punya pengalaman dengan asap gini juga ga sih? Tahun lalu kayanya ga separah ini deh efeknya, tapi entahlah..mungkin tahun ini lagi pada ga bagus imunnya ya. Ah..semoga musim kemarau cepat berlalu lah dan yang pada bakar-bakar lahan cepet insyaf deh dan dikasih rejeki lain jadi ga perlu bercocok tanam atau bisnis pake lahan yang harus dibuka-buka segala.

Advertisements

3 thoughts on “Antara Asap, Asma dan Sinus

  1. cara mudah dan murah buka lahan emang dibakar seh yah. cuma dampaknya buat lingkungan yang nggak doiperhitungkan sama pelaku.

    mudah2an cepat hujan. di jakarta belum hujan juga nih. baru mendung aja

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s