[paspor] Design Baru

PhotoGrid_1419326809223

Awal tahun lalu Direktorat Jenderal Imigrasi mulai memperkenalkan paspor RI dengan design baru ini. Tapi distribusi paspornya baru menjelang akhir tahun sekarang karena ngabisin stok paspor yang lama terlebih dahulu. Di kantor saya sendiri, paspor dengan design baru ini baru mulai dicetak per hari ini dan saya rada sedikit norak liatnya..hahaha

Secara warna, paspor yang biasanya warna hijau sekarang berubah jadi hijau toska (eh atau biru toska ya?) duh maaf saya rada ga ngeh dengan warna turunan :p terus halaman isinya jadi lebih berwarna dan gambar yang lebih menarik banget dengan tema ragam budaya indonesia.

Mulai dari halaman 4 gambar tari saman trus badak bercula satu sampai ditutup di halaman 48 dengan peta indonesia. Daaan yang bikin sedikit bangga, di halaman 20-21 ada dong gambar the famous pasar terapung dan maskot kalimantan selatan si Bekantan..hehe.. meskipun saya pendatang disini tapi kayanya jiwa narsis kedaerahannya udah mengakar ๐Ÿ˜€

Oh ya mungkin udah pada tau ya per 1 Desember 2014 kemarin kan pemerintah Jepang udah mulai ngasih bebas visa selama 15 hari bagi pemegang e-paspor (dengan register lebih dulu di Kedutaan Jepang), jadi kalau emang hobi jalan-jalan, mendingan bikin e-paspor aja sekalian siapa tau ada rejeki mendadak liburan ke jepang kan? atau malah siapa tau beberapa waktu kedepan ada negara-negara lain yang kasih bebas visa juga untuk WNI pemegang e-paspor. Walaupun emang sih saat ini e-paspor baru bisa dibuat di kantor imigrasi tertentu aja belum di semua daerah.

IMG_20141204_184457

Jadi untuk temen-temen yang belum punya paspor atau yang masa berlaku paspornya udah mau habis, silakan mengurus permohonan paspornya di kantor imigrasi terdekat ya.. Siapin waktunya, lengkapin persyaratannya, gunakan paspornya.. dan tentu saja say no to calo ๐Ÿ™‚

o

Advertisements

17 thoughts on “[paspor] Design Baru

  1. Makasih infonya, Ibu Imigrasi..๐Ÿ˜„๐Ÿ‘ Paspor desain baru ini mirip paspor Australia (ketauan suka ngintip paspor suami๐Ÿ˜œ).., ada gambar kanguru, koala, sydney opera house dll pake warna lembut gitu.. Asik dong paspor kita kadi lebih keren๐Ÿ˜ƒ Pasporku masih setahun lagi berlaku.., gak sabar pengen ganti ke yg lebih keren ini, sekalian mau e-paspor ah..๐Ÿ˜„ Infonya bagus banget! Makasih ya!

  2. wah, keren juga ya paspor baru kita. desainnya jadi ga kalah sama paspor2 negara lain. karena sdh ganti warna, mudah2an ke depannya ga ada lagi keluhan “paspor ijo susah kemana mana” ya.. btw, saya mau tanya. kebetulan paspor saya mau habis dan mau ganti buku. kalo paspor elektronik (e-paspor) sudah pakai desain baru ini kah.? atau paspor kece ini cuma utk paspor biasa saja.? thanks.. :))

    • paspor elektronik juga pakai design ini kok, cuma baiknya ditanya aja dulu di kanim setempat apa udah dikeluarin atau belum karena harus ngabisin stok blanko paspor yg lama dulu.. ๐Ÿ™‚

  3. Mba azita boleh tanya , paspor saya keluaran kanim jakarta, mau tambah 3 suku kata untuk umroh bisa diurus di kanim banjarmasin kah , krn saya stay di tanjung ?, terus kalau bisa di bjm ,syarat yg dibutuhkan untuk tambah 3 suku kata nama ini apa saja . terima kasih sebelumnya

    • halo..

      untuk penambahan nama bisa kok dikantor imigrasi terdekat. kalau dari tanjung lebih dekat ke banjarbaru atau ke batulicin?

      persyaratannya ktp, kartu keluarga sama dokumen yang tertera nama yang mau ditambahkan. bisa akte kelahiran, ijazah atau buku nikah. nanti namanya ditambahkan di halaman endorsement.

      kalau memang ga tertera di dokumen, misalnya udah ditambah nama ayah tapi tetep kurang dan harus tambah nama kakek yang mana biasanya ga tertera di dokumen, buatin aja surat keterangan penambahan nama dari catatan sipil tabalong.

  4. terima kasih mba Azita, dari tanjung lebih dekat ke banjarbaru. oiya ktp saya juga jakarta ga apa2 ya.. tambah nama di banjarbaru, kemudian syaratnya tidak perlu surat dari travel umroh kan ya.. trus kalau kita dah sampai ke kanim-nya . kita ikut antrian bikin passpor baru atau ada antrian khusus nambah nama. trims.rizki

    • oh iyaa kalau penambahan namanya untuk umroh, lampirkan juga surat jaminan dari travelnya ya.. ktp jakarta ga masalah asal alamatnya sama dengan kartu keluarga.

      nanti sampai di kanim, masuk aja ke ruangan customer care, antriannya beda dengan bikin paspor kok.

  5. wah..perlu surat jaminan ya..mba . wajib ga mba, apa ada alternatif lain. soalnya kami baru rencana/persiapan saja belum pasti umrohnya pake jasa biro travel yang mana

  6. Mbak Azita, tolong info nya donk. Saya mau bikin passport buat babysitter anak saya. Apakah bs lewat online? Ada dokumen2 tambahan yg diperlukan tidak? Babysitter bukan org jkt. Dia org lampung. Thx ya..

    • halo mbak, bisa kok didaftarin online..
      untuk jaga2, nanti waktu foto dan wawancara siapkan juga fotocopy paspor mbaknya sebagai penjamin. kalau mau, siapin juga surat jaminan dari mbak yg isinya menjamin keberangkatan babysitter sampai pulang lagi ke indonesia (bukti bahwa dia ga akan kerja ilegal di luar negeri)

      oh ya, ktp lampung gapapa asal kartu keluarganya lampung juga dan bisa memperlihatkan aslinya.

      demikian mbak, semoga membantu.

      • Syukur deh klo bisa lewat online mbak. Gak ada biaya tambahan apa2 lag kan mbak? Dokumen2 sdh lengkap mbak (ktp, akte lahir, kk, buku nikah). Truz nama babysitter saya 1 suku kata saja. Harus ada nama belakang nya gak? Terima kasih banyak info nya ya mbak. Sangat2 membantu.

      • ga ada biaya lagi kok mbak,,
        biaya pnbp paspor 355ribu.. bayar di bank, adminnya 5000

        paling siapin materai 6000 buat di surat pernyataan yg harus ditandatangan pemohon mbak.

        untuk masalah nama, kalau dari imigrasi sendiri ga ada ketentuan harus 1,2 atau 3. biasanya ketentuan ini dari negara tujuan kaya misalnya arab saudi atau amerika gitu.

        tapi ada baiknya memang ada nama belakang atau family name nya untuk jaga2 in case nama yg sama terdaftar di daftar cekal bandara, nah nama belakang itu untuk identifikasi lanjutannya. soalnya banyak kejadian yg namanya sama dengan yg ada di daftar cekal harus diperiksa dulu lebih lanjut di office dan akhirnya makan waktu lagi pas proses clearance imigrasinya.

      • tapi tulisan “binti” sekarang ga disertakan lagi di paspor ya mbak.. jadi namanya bakal langsung digabung..
        jadi terserah aja mau ditambah atau ngga.. ๐Ÿ™‚

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s