Mudik, Impian Yang Jadi Nyata

Masih edisi kangen-kangenan jelang lebaran ni..boleh kan ya 🙂

Dulu…

Iya, duluuu banget waktu saya masih kecil dan imut-imut, lebaran jadi satu moment istimewa buat saya. Karena di hari itu saya bisa kumpul dengan banyak (banget) saudara dari pihak keluarga alm papa yang sehari-hari jarang ketemu. Iya emang momentnya biasa setahun sekali gini, jadi hari pertama lebaran selesai sholat ied biasanya saya, kakak-kakak saya dan mamah langsung ke paseh (kab.bandung), nyekar ke makam papah trus langsung ke rumah amih. Waktu itu biasanya kita nginep semalem, bayangin yah…amih punya anak 11, dari 11 anak itu rata-rata punya 2-4 orang anak dan waktu itu cucunya amih udah ada yang punya anak juga. Jadi sekali ngumpul rumah yang padahal besar itu bisa penuh. Menyenangkan tiap kali sampai dirumah itu trus salam-salaman sama semua uwa, emang, bibi, abah, sepupu-sepupu besar dan kecil. Dan yang seru banget itu pas malam waktunya tidur semua geletakan diruang tengah kaya ikan pindang dijemur, pokoknya siapa cepat dia dapat posisi wenaaak :p

Oh ya dan biasanya untuk anak sekolahan kan masih panjang tuh libur lebarannya, macam saya lah waktu itu masih SD..kita suka diajak pergi jalan-jalan juga sama uwa (kakaknya papah). Waktu itu pernah saya diajak ke Taman Safari di Bogor sama pernah ke Pangandaran juga. Ih masa kecil bahagia banget lah pokoknya..makasih ya uwa, semoga rejekinya mengalir terus 🙂

Dan dulu mudik adalah hal yang selalu saya impikan karena mudik dalam pikiran saya adalah bawa koper atau bawa barang banyak, naik pesawat/bis yang menempuh perjalanan berjam-jam dan ikut desak-desakan dijalan atau di terminal (ok..korban berita ini..hehehe) tapi ya gimana emang dasarnya kampung papah di paseh dan mamah yang walaupun kelahiran Bangka Belitung tapi rata-rata saudaranya udah di Bandung semua..jadi ya terima nasib aja tiap lebaran mudiknya cuma saingan sama delman di pasar majalaya..hehehehe..

Sayangnya sejak beberapa tahun belakangan waktu cucunya amih udah pada besar dan punya keluarga masing-masing, otomatis jadwal mudik ke paseh jadi ga serentak lagi dan udah jarang banget tidur bersama rame-rame kaya ikan pindang dijemur karena banyak yang harus lanjutin silaturahmi ke keluarga lainnya. Belum lagi banyak cucunya yang udah merantau dan belum tentu bisa mudik pas lebaran (kaya saya misalnya), jadi saya sendiri juga udah lama banget ga ngerasain kumpul keluarga besaar banget. Walaupun sekarang keluarga anggawisastra udah rutin bikin pertemuan tiap bulannya tapi tetep aja saya belum ada kesempatan ikut kumpul.

11755297_10206754452041244_2914542837696808607_n

sebagian Anggawisastra-ers

Jadi, intinya apa??? Kalau saya sih…jadi lebih ke sadar aja kalau harus lebih hati-hati dengan keinginan… dulu pengen banget punya kampung dan bisa mudik, sekarang giliran tinggal di rantau bingung ga bisa rutin mudik…sementara cuma bisa dadah-dadah aja sama rengginang, berondong, ali agrem, tape ketan, ulen 😦 dan oooh ya, saya mendukung penuh ide buku silsilah keluarga dan kalau bisa itu buku didistribusikan ke setiap keluarga dan diinfoka update-annya supaya masing-masing dari kita bisa tetap saling kenal, at least kalau ga pernah ketemu muka, minimal tau namanya.. 😀

Anyway…meskipun hasil sidang isbat belum keluar, boleh lah ya di penghujung ramadhan ini saya ucapkan mohon maaf lahir bathin, semoga segala amal ibadah kita diterima Allah SWT dan kita masih diperkenankan untuk bertemu ramadhan selanjutnya dan tentunya menjadi lebih baik lagi dari hari ini 🙂

11750695_10206754461841489_245464350762089989_n

Advertisements

2 thoughts on “Mudik, Impian Yang Jadi Nyata

  1. Jadi lebaran skr zita blm bisa mudik ya, A Isal Insya Allah pulang walau cuma dikasih waktu 1minggu, salam saja sama suami & ponakan di Banjar Baru, smoga zita sklwg selalu diberikan kesehatan, rahmat & kemudahan dr Allah Swt, amiin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s