Unit Layanan Paspor (ULP) Barabai

Kalimantan Selatan yang terdiri dari 11 kabupaten dan 2 kota, saat ini memiliki 2 Kantor Imigrasi yaitu Kantor Imigrasi Banjarmasin dan Kantor Imigrasi Batulicin (dahulu Kotabaru). Selama ini semua masyarakat Kalimantan selatan yang mau mengurus permohonan paspor harus datang ke salah satu kantor tersebut. Permasalahannya adalah jarak dari 11 kabupaten dan 2 kota ini saling berjauhan satu sama lain. Seringkali pemohon paspor yang datang ke kantor imigrasi dan ada masalah dengan berkas permohonannya (seperti data tidak sesuai dan lain-lain) jadi merasa perjalanan yang sudah ditempuh sampai 5 jam menjadi sia-sia. Petugas pun tidak dapat berbuat apa-apa karena berkas permohonan yang belum sesuai dengan persyaratan tidak dapat dilanjutkan.

Tetapi semenjak 30 Desember 2015, Kantor Imigrasi Banjarmasin telah melakukan soft launching Unit Layanan Paspor (ULP) Barabai yang tujuan utamanya adalah untuk membantu masyarakat Kalimantan Selatan khususnya di Banua Anam (Kabupaten Tapin, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kabupaten Hulu Sungai Utara, Kabupaten Balangan, Kabupaten Tabalong) agar tidak perlu menempuh perjalanan yang terlalu lama. Lokasi yang dipilih adalah di Barabai dengan pertimbangan kota ini berada di tengah-tengah antara kabupaten lainnya. ULP Barabai ini terletak di jalan H.M Syarkawi dan cukup mudah untuk ditemukan.

Selain itu, ULP ini juga merupakan program quick win dari Menteri Hukum dan HAM RI, sebagai wujud dari “Ayo Kerja” nya Presiden RI, Joko Widodo. “Sesuai nawacita Presiden, dimana negara hadir mendekati masyarakat dengan memberikan layanan “PASTI” “Profesional, Akuntabel, Sinergi, Transparan dan Inovasi”

Hanya saja saat ini ULP Barabai baru bisa melayani permohonan paspor baru dan penggantian habis berlaku atau halaman penuh. Permohonan selain itu, yaitu yang membutuhkan proses pemeriksaan di seksi Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian seperti paspor hilang atau rusak masih tetap harus datang ke Kantor Imigrasi di Landasan Ulin, Banjarbaru.

Untuk itu, kami berharap keberadaan ULP Barabai ini mampu menjawab sebagian permasalahan yang dikeluhkan masyarakat Kalimantan Selatan pada umumnya. Semoga kedepannya pelayanan imigrasi akan selalu semakin baik demi kinerja yang “PASTI”

Kami Ada Gasan Malayani Pian Sabarataan

12510346_10207903221479762_6997344473915959779_n

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s