[gunung] yang pertama!

Setelah nyaris gagal karena erupsi, alhamdulillah akhirnya kami bisa juga ke Gunung Bromo minggu lalu. Emang dari dulu saya udah pengen banget ngajakin anak-anak dan suami naik gunung supaya mereka bisa ngerasain dinginnya gunung, supaya bisa ngerasain indahnya liat bintang-bintang dan sunrise dari ketinggian. Iya..emang ini modus supaya kedepannya saya diizinin naik gunung lagi :p

Kami berangkat dari banjarmasin naik pesawat tujuan surabaya, dan dari bandara juanda udah disiapin mobil rental yang bakal kita pake 3 hari kedepan. Dari awal emang kami pengen nyetir sendiri supaya lebih bebas dan santai selama di jalan karena perjalanan dengan 2 anak kecil itu butuh perlakuan yang luar biasa supaya anak-anak bisa tetap tenang dan betah dijalan. Kami sengaja berhenti di rest area sidoarjo untuk makan siang sekalian nungguin jam tidur anak-anak maksudnya supaya mereka bisa tidur nyenyak di jalan dan mamaknya bisa tenang nyetir (iyee..saya udah lulus jadi supir pantura :p)

Dan buat ukuran saya yang selalu nyasar kalau pergi kemanapun, perjalanan dari surabaya ke bromo ini kebantu banget sama google maps! Tapi andaikan ngga ada pun, petunjuknya lumayan gampang kok, cuma ikutin aja petunjuk untuk ke arah Probolinggo dan nanti sebelum masuk ke kota Probolinggonya ada petunjuk arah untuk belok ke kanan, cukup besar plangnya dan ada tulisan Wisata Bromo dan Madakaripura. Dari situ tinggal ikutin jalan aja yang lumayan bikin mual si edel karena jalannya berkelok-kelok, buat yang ga kebiasa nyetir disini harus hati-hati karena sebelah luar jalannya itu langsung ke jurang jadi mendingan nyetir pelan tapi pasti aja ๐Ÿ™‚

Setelah puluhan kilo perjalanan dari bawah, nanti mobil kita bakal diberhentiin di pos semacam pintu masuk kawasan TNBTS dan harus bayar Rp.5000/ orang dewasa dan Rp.5000 untuk retribusi jalan desa. Di pintu ini juga kami ditawarin mobil jeep yang bisa anter kita ke Pananjakan. Sebenarnya kita udah tanya di hotel dan katanya juga bisa nyiapin tapi harganya lebih mahal yaitu Rp.650.000 untuk 4 titik (pananjakan, kawah bromo, pasir berbisik dan sabana). Si mas ujang ini nawarin Rp.500.000 aja jadi kita deal sama dia.

Untuk hotelnya saya pilih Hotel Cemara Indah karena dari hotel ini kita bisa liat pemandangan gunung bromo, gunung batok, gunung semeru (kalau pas ngga berkabut) sambil duduk santai makan bakso atau sate. Ratenya untuk kamar deluxe Rp.750.000 cukup luas untuk 2 orang dewasa dan 2 anak kecil. Sementara air hangat (ini penting karena air disana kaya air es!), amenities dan perlengkapan lainnya sesuai standar hotel biasa lah. Crew hotel ramah dan helpful sigap banget nawarin perlengkapan penahan dingin yang bisa disewa di hotel. Selain hotel ini ada banyak kok pilihan untuk nginep disini tinggal kita pilih yang sesuai selera aja.

Di depan hotel tempat kita duduk-duduk setiap saat bakalan ada abang-abang yang jual kupluk, sarung tangan, syal, kaos kaki dan lainnya. Jadi kalau kita belum bawa perlengkapan kita bisa beli disini. Tapi kalau mau jalan kaki sedikit ke warung diluar hotel, kita bisa beli dengan harga setengahnya, contohnya suami saya beli kupluk di abang asongan itu Rp.35.000 dan waktu malemnya beli nasi goreng di warung luar hotel, barang yang sama harganya Rp.12.000 aja ๐Ÿ˜€

Malemnya sengaja anak-anak kita suruh tidur cepet karena mas ujang bakal jemput jam 3 pagi. Lumayan akhirnya anak-anak berhasil tidur jam 20.30an. Oh ya dan mungkin karena kebiasaan tiap malem tidur pake AC dan kipas angin yang full nyala ya, jadi edel dan arjun ga ada yang ngerasa kedinginan pas tidur. Boro-boro selimutan, tidurnya aja minta pake celana pendek..sementara mamaknya ngeringkuk dibalik selimut sambil kebangun-bangun kedinginan X_X

bersambung kesini

Advertisements

2 thoughts on “[gunung] yang pertama!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s