Dikeluarin aja supaya puas…

Dari dulu saya punya kebiasaan untuk ngga nganggap sakit-sakit ringan sebagai sesuatu yang harus dibesar-besarin, mungkin karena saking seringnya saya flu, demam atau batuk. Malah dulu saya paling seneng kalau saya batuk karena kadang suara saya jadi serak-serak asik gitu ;p
Dan motto saya dulu adalah, biarin aja sakitnya nanti juga sembuh sendiri jadi saya ngga pernah pusing untuk minum obat supaya saya cepet sembuh. Keadaan ini bertahan cukup lama sampai tingkat 3 waktu pendidikan saya divonis dokter punya sinusitis akut. Waktu itu saya terpaksa ke dokter karena pada satu titik saya sangat terganggu karena ngga bisa napas sama sekali waktu malam yang akibatnya jadi ngga bisa tidur. Beberapa bulan setelah saya ke dokter, tiba-tiba hidung saya kembali normal dan saya bisa bernapas seperti biasa tanpa ada gangguan sama sekali kecuali setiap kali habis bersin-bersin. Fyi, saya emang serrriiiiing banget bersin apalagi kalau udah kena dingin dan kena debu.

Sampai…..

Sebulan yang lalu (setelah 6 tahun), tiba-tiba saya kembali ngga bisa napas dan saya pikir sinusitis saya kembali lagi! Nightmare banget karena di pertengahan tidur saya bisa tiba-tiba mimpi mati kehabisan napas karena kondisi realnya memang saya ngga bisa napas sampai akhirnya kebangun.

Mengingat umur yang udah ngga muda lagi, saya akhirnya melepaskan motto jadul saya yang selalu menganggap enteng penyakit dan pergilah saya ke dokter THT. Lalu,,,apa kata dokter?

Ada pembengkakan didalam hidung saya sodara2!!!

Jadi biang kerok penghambat napas saya selama ini adalah bukan karena cairan beku yang (saya pikir) bisa diencerkan, tapi karena ada pembengkakan itu. Dokter bilang ini akibat alergi yang dibiarkan bertahun-tahun dan bersin yang ketahan. DAANNNGGG!!!!!!!

Buat yang udah kenal sama saya bertahun-tahun pasti udah hapal banget gaya bersin saya yang kaya anak kucing ya kan??? Bahkan banyak teman yang kalau saya udah bersin malah seneng banget ngitungin jumlah bersinnya yang kadang bisa sampai 7-9 kali. Sungguh itu ngga dibuat-buat, murni karena kebiasaan aja sih dan karena saya punya alergi yang bikin intensitas bersin saya lebih sering dibanding orang lain, kebiasaan ini jelek untuk dilakukan. Inilah puncaknya…dan dokter saat ini hanya bisa kasih obat untuk ngurangin alergi aja dan kasih tips untuk sering-sering diuap hidungnya dan kasih bekal obat semprot yang bisa dipakai kalau saya udah mau nyerah 😀 Untuk bisa sembuh total sarannya adalah dengan jalan operasi (memotong pembengkakan itu) dan untuk mengurangi resiko mampet hidung saya juga harus menghindari tempat dingin dan makanan atau minuman dingin yang udah jelas memicu si alergi.

So… mulai saat ini jangan kaget yah kalau saya mulai belajar bersin, soalnya kata orang lebih puas kalau bisa dikeluarin 

Teman-teman ada yang punya tips jitu kah untuk ngobatin masalah kaya saya gini?

IMG_0954

mungkin ini yang namanya kekurangan vitamin G akut :p