Ke Gunung Bersama Anak, Why Not?

Setelah tidur yang ngga terlalu nyenyak, akhirnya jam 2 saya bangun dan siap-siap karena mas ujang janji mau jemput jam 3. Anak-anak ngga saya bangunin dulu tapi langsung saya pakein baju sambil mereka tetep tidur. Untuk Arjun saya pakein baju lengan panjang, dirangkap dengan baju kaos pendek (request bapaknya karena mau kembaran kostum barcelona) pake sweater dan dirangkap jaket plus kaos kaki. Untuk edel saya pakein baju lengan panjang dan jaket aja karena jaket dia udah cukup tebal.

Saatnya dijemput, pas keluar kamar langsung kerasa udara dingin yang kerasa ngegigit. Ngga lupa kita bawa juga bantal dan selimut ke dalem jeep. Pilihan tepat karena anak-anak bisa lanjut tiduran selama perjalanan ke pananjakan walaupun jalannya juga ajrut-ajrutan. Disini kita harus bayar Rp.27500/orang, kemarin kita disuruh bayar Rp.65.000 (mungkin Rp.10.000nya buat retribusi jalan desa?) Itu harga WNI ya..untuk WNA harganya berkali lipat. Setelah perjalanan sekitar 1 jam kurang, kami sampai di Pananjakan tapi kami masih harus jalan sedikit keatas karena lokasi parkir paling atas udah penuh. Tapi tenang aja, buat yang ga mau jalan disana juga ada ojek kok, tarifnya Rp.10.000. mendekati tangga naik ke view point, ada banyak deretan warung dimana kita bisa beli teh hangat, gorengan dan sebangsanya.

Disini edel mulai ngerasa kedinginan (mungkin karena celana panjang yang dipakai kurang tebal) sedangkan arjun aman di gendongan. Sampai diatas kita nyari spot untuk ngeliat sunrise tapi barisan depan udah penuh (saat itu jam 4.15an). Disini ada yang nyewain matras untuk duduk-duduk, karena saya perlu untuk edel jadi kita sewa Rp.10.000 lumayan si edel bisa tidur sambil selimutan setelah ngeluh kedinginan terus. Sementara arjun tidur dalam gendongan saya.

Jam 5.10an kalau saya ngga salah matahari mulai muncul. Yang paling ditunggu-tunggu dimana cahaya orange mulai menyebar, indah banget!!! Sayangnya saya ga bisa bebas gerak untuk ambil gambar karena arjun yang masih didalam gendongan. Sampai akhirnya matahari mulai keluar bulat penuh arjun baru bangun dan kita bisa mulai foto-foto (tapi terlambat karena cepet banget matahari naiknya dan bikin panas). Disini sempet ada adegan lucu dimana ada abang-abang jualan bunga edelweiss dan bilang “edelweiss…edelweiss” berharap ada yang beli. Sementara itu si edel kebingungan karena ngerasa namanya dipanggil-dipanggil. Sebaiknya sih kita ngga usah beli edelweiss ini karena gimanapun indahnya bunga, bakalan lebih indah kalau tetap hidup di habitatnya. Selama ada yang beli, pasti bakalan terus ada yang metik edelweiss ini. Kasian kan….

Kami turun dari pananjakan jam 7 dan udah mulai sepi, langsung menuju ke kawah bromo. Dari batas jeep kita harus jalan kaki atau naik kuda untuk bisa naik ke Gunung Bromo. Harga sewa kuda ini biasanya Rp.150.000 aja kalau kamu langsung sewa ke tukang kudanya. Tapi kalau dicariin sama supir jeep, harganya jadi Rp.175.000. ini harga untuk pulang pergi, jadi jangan khawatir ditinggal sama tukang kudanya. Sampai di kaki Gunung Bromo, ternyata sekarang tangganya udah hilang ketutup pasir pasca erupsi jadi harus hati-hati melangkah ya. Untuk yang bawa anak kecil kaya saya, lebih enak pake gendongan belakang karena beban akan lebih ringan dibanding gendongan samping biasa. Dan untuk edel yang badannya bongsor, kami dapat bantuan ojek gendong. Lumayanlah karena edel ngga sanggup kalau harus jalan sendiri. Rp.70.000 untuk pulang pergi naik turun tangga pasir. Beratnya 30 kilo tapi si abang bisa gendong sambil jalan cepat..luar biasa!!

Saat itu suara gemuruh dari kawah masih kencang dan hilang timbul. Untuk arjuna dan edel ini bikin suasana jadi menakutkan kayanya. Saya sendiri rada takut kalau dari kawah ini tiba-tiba keluar sesuatu gitu (mungkin ga sih?) hehe.. jadi diatas kita ngga lama-lama dan langsung turun.

Dari kawah kita masih punya 2 spot lagi yaitu pasir berbisik dan bukit teletubies. Tapi karena anak-anak udah keliatan cape akhirnya kita skip ke pasir berbisik dan langsung ke bukit teletubies atau sabana biasa orang bilang ya. Tapi kemarin kayanya ngga terlalu hijau dan kita cuma turun untuk foto-foto sebentar lalu langsung kembali ke hotel untuk sarapan dan siap-siap ngelanjutin perjalanan ke Nganjuk.

Perjalanan kali ini alhamdulillah bisa dibilang lancar dan menyenangkan untuk semua. Highlightsnya adalah waktu edel bilang “terima kasih ya bun udah ajak edel jalan-jalan”

Semoga ada rejeki dan kesempatannya lagi yaah kiddos untuk kita supaya bisa naik ke gunung lainnya 😀

 

 

Advertisements

[gunung] yang pertama!

Setelah nyaris gagal karena erupsi, alhamdulillah akhirnya kami bisa juga ke Gunung Bromo minggu lalu. Emang dari dulu saya udah pengen banget ngajakin anak-anak dan suami naik gunung supaya mereka bisa ngerasain dinginnya gunung, supaya bisa ngerasain indahnya liat bintang-bintang dan sunrise dari ketinggian. Iya..emang ini modus supaya kedepannya saya diizinin naik gunung lagi :p

Kami berangkat dari banjarmasin naik pesawat tujuan surabaya, dan dari bandara juanda udah disiapin mobil rental yang bakal kita pake 3 hari kedepan. Dari awal emang kami pengen nyetir sendiri supaya lebih bebas dan santai selama di jalan karena perjalanan dengan 2 anak kecil itu butuh perlakuan yang luar biasa supaya anak-anak bisa tetap tenang dan betah dijalan. Kami sengaja berhenti di rest area sidoarjo untuk makan siang sekalian nungguin jam tidur anak-anak maksudnya supaya mereka bisa tidur nyenyak di jalan dan mamaknya bisa tenang nyetir (iyee..saya udah lulus jadi supir pantura :p)

Dan buat ukuran saya yang selalu nyasar kalau pergi kemanapun, perjalanan dari surabaya ke bromo ini kebantu banget sama google maps! Tapi andaikan ngga ada pun, petunjuknya lumayan gampang kok, cuma ikutin aja petunjuk untuk ke arah Probolinggo dan nanti sebelum masuk ke kota Probolinggonya ada petunjuk arah untuk belok ke kanan, cukup besar plangnya dan ada tulisan Wisata Bromo dan Madakaripura. Dari situ tinggal ikutin jalan aja yang lumayan bikin mual si edel karena jalannya berkelok-kelok, buat yang ga kebiasa nyetir disini harus hati-hati karena sebelah luar jalannya itu langsung ke jurang jadi mendingan nyetir pelan tapi pasti aja 🙂

Setelah puluhan kilo perjalanan dari bawah, nanti mobil kita bakal diberhentiin di pos semacam pintu masuk kawasan TNBTS dan harus bayar Rp.5000/ orang dewasa dan Rp.5000 untuk retribusi jalan desa. Di pintu ini juga kami ditawarin mobil jeep yang bisa anter kita ke Pananjakan. Sebenarnya kita udah tanya di hotel dan katanya juga bisa nyiapin tapi harganya lebih mahal yaitu Rp.650.000 untuk 4 titik (pananjakan, kawah bromo, pasir berbisik dan sabana). Si mas ujang ini nawarin Rp.500.000 aja jadi kita deal sama dia.

Untuk hotelnya saya pilih Hotel Cemara Indah karena dari hotel ini kita bisa liat pemandangan gunung bromo, gunung batok, gunung semeru (kalau pas ngga berkabut) sambil duduk santai makan bakso atau sate. Ratenya untuk kamar deluxe Rp.750.000 cukup luas untuk 2 orang dewasa dan 2 anak kecil. Sementara air hangat (ini penting karena air disana kaya air es!), amenities dan perlengkapan lainnya sesuai standar hotel biasa lah. Crew hotel ramah dan helpful sigap banget nawarin perlengkapan penahan dingin yang bisa disewa di hotel. Selain hotel ini ada banyak kok pilihan untuk nginep disini tinggal kita pilih yang sesuai selera aja.

Di depan hotel tempat kita duduk-duduk setiap saat bakalan ada abang-abang yang jual kupluk, sarung tangan, syal, kaos kaki dan lainnya. Jadi kalau kita belum bawa perlengkapan kita bisa beli disini. Tapi kalau mau jalan kaki sedikit ke warung diluar hotel, kita bisa beli dengan harga setengahnya, contohnya suami saya beli kupluk di abang asongan itu Rp.35.000 dan waktu malemnya beli nasi goreng di warung luar hotel, barang yang sama harganya Rp.12.000 aja 😀

Malemnya sengaja anak-anak kita suruh tidur cepet karena mas ujang bakal jemput jam 3 pagi. Lumayan akhirnya anak-anak berhasil tidur jam 20.30an. Oh ya dan mungkin karena kebiasaan tiap malem tidur pake AC dan kipas angin yang full nyala ya, jadi edel dan arjun ga ada yang ngerasa kedinginan pas tidur. Boro-boro selimutan, tidurnya aja minta pake celana pendek..sementara mamaknya ngeringkuk dibalik selimut sambil kebangun-bangun kedinginan X_X

bersambung kesini